Monday, November 5, 2018

MANFAAT BEKICOT DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Bekicot, ya begitulah masyarakat jawa menyebut moluska yang satu ini. Banyak orang menganggap remeh kandungan nutrisi yang dimiliki bekicot, sehingga hanya memenadangnya sebelah mata. Bekicot yang memiliki nama ilmiah Achatina fulica  ini masuk ke dalam kelas molusca (Hewan bertubuh lunak). Bekicot mudah ditemui di pekarangan rumah di pedesaan atau di sawah. Sebenarnya di daerah Kediri dan Blitar daging bekicot ini sudah dimanfaatkan oleh warga untuk membentuk industri rumahan, yaitu sebagai bahan dasar pembuatan sate bekicot, kripik bekicot dan masakan bekicot lainnya.


Meskipun memiliki bentuk yang menjijikkan (bagi sebagian orang), setelah dimasak daging bekicot ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Dengan banyak kandungan nutrisi yang dimiliki, tentu daging bekicot ini baik untuk kesehatan tubuh. Bagi yang merasa jijik ketika makan daging bekicot, daging bekicot juga bisa diinovasi menjadi kapsul, sehingga bisa membantu konsumen yang merasa jijik dengan daging bekicot tersebut

Bekicot (Achatina fulicha) adalah moluska yang berasal dari afrika, hewan ini biasa hidup di kebun, selain itu baru baru ini bekicot juga diternakkan. Daging bekicot banyak mengandung protein, vitamin dan berbagai asam amino. Setiap 100 gram daging bekicot mengandung 12 gram protein. Selain itu kandungan dalam daging bekicot adalah lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fosfor 78mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B kompleks, terutama vitamin B12. Selain itu, dalam 100 gram daging kering bekicot mengandung asam amino berupa leusin 4,62 gram, lisin 4,35 gram, arginin 4,88 gram, asam aspartat 5,98 gram, dan asam glutamat 8,16 gram. zat yang terkandung dalam daging bekicot sangat penting dan diperlukan bagi tubuh, bahkan daging bekicot mengandung asam amino asensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh manusia. Oleh karena itu daging bekicot sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan protein dan mineral bagi tubuh. Untuk mengatasi rasa jijik pada konsumen, maka daging bekicot perlu di ekstraksi dan dibuat kapsul. (Amien)

Semoga tulisan ini bisa membantu anda, terimakasih

No comments:

Post a Comment