Friday, November 16, 2018

Mengatasi Kampas Rem Seret setelah diganti Baru

Kampas seret setelah ganti baru?

Kampas seret seringkali terjadi ketika kita baru saja mengganti kampas rem lama dengan kampas rem yang baru, hal ini juga barusan saya alami tepatnya 2 hari kemarin. Kejadian ini baru saya sadari ketika akan berangkat bekerja, tarikan mesin saya terasa sangat berat. kemudian sesampai di sekolah tempat megajar, saya mencoba mencari tau penyebab hal ini.

setelah mengamati cukup lama, saya melihat cakram roda depan saya meninggalkan bekas bekas garis yang aneh, lalu kemudian saya pegang cakram saya dan terasa sangat panas. dengan kejadian ini saya menyimpulkan bahwa yang menyebabkan mesin saya terasa berat adalah kampas rem depan saya seret karena baru saya ganti.

sepulang mengajar, saya membawa motor saya ke bengkel tempat saya mengganti kampas rem, setelah di periksa pihak bengkel, motir bengkel tersebut mengatakan bahwa memang biasanya kalau baru ganti kampas, maka akan terasa seret, setelah beberapa hari maka akan normal kembali. dengan mempercayai kata kata montir bengkel tersebut, saya bergegas kembali pulang ke kos.

Sesampainya di kos, saya mencoba browsing tentang penyebab kampas rem menjadi seret. ternyata memang ada bebarapa hal yang membuat kampas rem menjadi seret setelah diganti yang baru. berikut saya rangkumkan hasil googling saya :D

1. Bahan Kampa Rem berbeda
kampas rem motor biasanya terbuat dari bahan keramik, akan tetapi ada beberapa jenis kampas rem yang terbuat dari bahan yang lebih keras. Secara umum, kampas rem motir menggunakan bahan yang agak keras supaya lebih awet ketika di pakai. nah jika kampas rem baru anda bebeda dengan yang lama, kemungkinan kampas yang baru kurang cocok, sehingga mengakibatkan seret

2. Rusaknya Pin dan Piston Caliper
Pin dan piston caliper pada cakram motor memiliki fungsi yang sangat krusial, yaitu mengatur maju dan mundur kampas rem ketika melakukan pengereman. Saat mengganti kampas rem, kebanyakan motir/bengkel tidak mengcek bagian ini, sehingga jika kampas rem anda seret, kemungkinan bagian ini mengalami masalah.

3. Piringan Cakram Bengkok
Hal ini bisa saja terjadi, jika piringan cakram bengkok, maka akan mengakibatkan pengereman tidak sempurna. Selain itu jika cakram bengkok, maka kampas rem tidak akan bisa mengapit dengan sempurna cakram tersebut, sehingga akibatnya jalannya motor menjadi tersendat sendat

Lalu, bagaimana cara mengatasinya??
Ya, yang paling mudah adalah membawanya ke bengkel resmi montor anda sekalian, biar di servis dan di perbaiki.. wkwkwkwk
akan teta[i, saya punya beberapa tips dan trik yang saya dapatkan dari temen temen bengkel saya. berikut tips yang mungkin bisa agan sekalian coba, hehehe

1. Membersihkan bagian kampas dengan sabun
Rem seret biasanya terjadi karena adanya kotoran yang menempel pada bagian kampas, sehingga ketika dicuci, maka kotoran tersebut akan hilang dan ketika dipasang maka cakram tidak lagi seret

2. Meratakan permukaan kampas dengan beji/dipukul
Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi ketebalan kampas rem, jika ketebalan kampas rem berkurang, maka cakram akan mampu berputar dengan semestinya dan rem pun tidak seret lagi

Nah, demikian tadi sedikit cerita tentang kampas rem yang seret, semoga bermanfaat  

No comments:

Post a Comment